Tanggal: 30 Jun 2020 | Jam: 02:52:06

Disdik Riau Akan Seleksi Sekolah Bisa Menerima Siswa Afirmasi



Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, mengklaim pelaksaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), berjalan dengan lancar. Walaupun ada beberapa permasalahan terkait penerimaan melalui zonasi dengan menggunakan Kartu Keluarga dan surat keterangan.

“Alhamdulillah, pelaksaanaan PPDB telah selesai dengan baik, memang ada permasalahan dan telah diselesaikan terkait dengan zonasi. Kita telah menyelesaikan penerimaan pendaftaran melalui online setelah penutupan di hari akhir pendaftaran,” ujar Kadisdik Riau, Zul Ikram, Sabtu (26/6).

“Secara umum dari Rokan Hilir sampai Inhil, berjalan lancar, walupun ada beberapa titik memang terjadi persoalan-persoalan, tapi tidak terjadi secara general. Seperti di Pekanbaru ada di SMA dan SMA 1, Insya Allah masih bisa kita atasi,” ujarnya lagi.

Sementara itu terkait dengan penerimaan siswa, jalur Afirmasi (Keluarga ekonomi tidak mampu yang berada dalam zona) paling sedikit 15 persen dari daya tampung satuan pendidikan. Dengan mengunggah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau bukti lainnya yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (Lurah/Kepala Desa setempat) bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu/miskin.

Zul Ikram menjelaskan bahwa bagi siswa afirmasi yang belum diterima di sekolah yang dituju, pihaknya akan mencarikan program lain bagaimana mereka bisa sekolah di sekolah Negri. Karena dari PPDB yang telah dijalani, banyam dari siswa jalur afirmasi tergeser dengan sendirinya, akibat dari sistem yang berjalan di sekolah.

“PPDB sesuai aplikasi dan sistem, sistem yang ada IT nya. Nanti akan liat di sekolah-sekolah negeri mana yang masih buka. Dan akan kita suplay kita prioritaskan kepada anak-anak tersebut. Ini kita liat ni, kita seleksi lagi beberapa hari kedepan ini, sekolah mana yang memungkinkan kalau dia masih bisa masuk disekolah negri yang miskin tadi,” jelasnya.

“Inilah yang kita buat bagaimana polanya, tapi memang yang miskin tadi itu bisa menjadi prioritas, sekolah negeri mana yang masih bisa memungkinkan sekolah mana saja. Bagaimana mereka bisa sekolah dengan jalur afirmasi, setelah dilakukan maping terhadap sekolah yang masih bisa menerima siswa,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Rumbai, Linda, mengaku, ia kecewa dengan sistem online yang telah diikuti anaknya saat mendaftar sebagai siswa jalur afirmasi. Dihari terakhir pendaftaran tanggal 25 Juni pukul 23.30 WIB, nama anaknya Ardi Putra, masih masuk dalam jalur afirmasi. Namun sayangnya, pada siang harinya tanggal 26 Juni, nama anaknya tidak lagi muncul di sekolah yang ditujunya SMK 7 Pekanbaru.

“Saya tidak menyangka saja, padahal pendaftaran sudah tutup, dan tiba-tiba nama anak saya sudah tidak ada lagi di daftar penerimaan siswa. Tolonglah pak Kepala Dinas, kalau masuk sekolah swasta tak sanggup saya menyekolahkannya. Saya hanya bekerja sebagai gojek,” harap Linda, yang menghidupkan 4 orang anaknya sendiri, setelah suaminya meninggal tiga tahun yang lalu.

Berita Lainnya

Sistem Zonasi Peluang Bagi Sekolah Tingkatkan Prestasi

Tanggal: 22 Apr 2019

PEKANBARU - Sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kesempatan bagi sekolah SMA/SMK sederajat di Riau untuk berpacu meningkatkan prestasi sekolah.  "Sistem zonasi ini...


Meski Pendaftaran PPDB Gunakan Sistem Online, Siswa Tetap Datang ke Sekolah Isi Formulir

Tanggal: 02 Jul 2019

 Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK sudah menggunakan sistem online namun calon peserta didik harus tetap datang ke sekolah untuk mengisi formulir...


Besok Siswa SMA/SMK di Pekanbaru Masih Libur

Tanggal: 17 Sep 2019

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau meminta sekolah yang daerah masih dipapar kabut asap dan level Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menunjukan tidak sehat sampai berbahaya besok untuk...


Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2018

Tanggal: 24 Apr 2018

Dinas pendidikan Provinsi Riau melalui bidang Pendidikan Khusus & Pendidikan Layanan Khusus membuka secara resmi kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Se-Provinsi Riau Tahun 2018...


AGENDA KEPALA DINAS

Copyright ©2019 IT Dinas Pendidikan Provinsi Riau