Tanggal: 30 Jun 2020 | Jam: 02:39:13

SMA Olahraga Sukses Loloskan 4 Atlet PON, 100 Siswa Lulus Seleksi Diharapkan Capai Target



Sebanyak 100 siswa dari seluruh Kabupaten Kota di Riau, telah diterima di SMA Olahraga Pekanbaru, setelah menjalani seleksi penerimaan siswa selama tiga hari di SMA Olahraga, pekan lalu, untuk 9 cabang olahraga yang ada, yakni cabor Sepakbola, Voly, Futsal, Dayung, Takraw, Aeromodeling, Atletik, Tenis Meja, dan cabor Renang.

Kepala Sekolah SMA Olahraga, Said Suwarno, menjelaskan, seleksi penerimaan siswa SMA Olahraga, telah melalui seleksi yang ketat yang dijalani oleh seluruh pelatih yang ada, dan mengikuti Protokol Kesehatan. Untuk tahun ini pihaknya hanya melakukan seleksi untuk teknik dasar.

“Jumlah siswa yang seleksi ada sekitar 180 orang, dan yang diterima 100 siswa. Mereka telah melalui seleksi yang ketat, selain kelengkapan administrasinya. Untuk tahun ajaran 2020/2021 kita menerima 100 orang,” jelas Said.

Dijelaskan Said, ia menargetkan dari hasil seleksi yang ketat ini, bisa melahirkan atlet-atlet yang beprestasi dan memperkuat Riau diberbagai iven, nasional dan internasional. Dan saat ini ada 4 atlet dari SMA Olahraga yang masuk tim PON Riau. Dari 100 siswa yang lolos paling tidak bisa menyamai 4 atlet yang lolos PON.

“Target kita tentu memperoleh atlet yang lebih baik lagi dengan seleksi yang sedemikian rupan ketat, ditengah pandemi covid-19. Alhamdulillah ada empat atlet kita yang lolos PON, diantaranya atlet Tenis Meja 1 lolos PON, atas nama Zaini, cabor Aeromodeling 2 orang Ani Safitri dan Pipin Sintia, dan cavor Atletik jalan cepat Leli,” katanya.

“Siswa yang lolos seleksi ini semuanya nanti akan mengikuti pelajaran umum biasa, dan juga mengikuti latihan khusus sesuai dengan cabor yang dipilih. Semua siswa kita yang di SMA Olahraga, akan di meskan di sekolah, dan telah tersedia semuanya, seperti makan dan minum, serta kelengkapan lainnya selama berada di mes,” jelas Said lagi.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Riau, Ahyu Suhendra, mengatakan, sesuai dengan arahan Gubernur meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing, untuk menuju Indonesia unggul. Dan melalui SMA olahraga inilah perlu memilih calon atlet dari SMA Olahraga ini, yang membawa nama harum Riau melalui prestasi olahraga.

“Untuk menuju kualitas sumber daya manusia yang handal tentu perlu dilakukaj seleksi yang ketat. Dan sesuai visi Gubernur Riau, menuju Indonesia unggul, pak Syamsuar yang menginginkan lahirnya pelajar Riau masuk di kancah Nasional dan Internasional melalui olahraga,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan komitmen pemprov Riau terhadap peningkatan prestasi pelajar di Riau, dengan memenuhi fasilitas dan kebutuhan siswa. Tentunya siswa yang dididik di SMA ini bisa memberikan yang terbaik bagi Riau. Dan bidang yang terkait harus intens menganalisa, bagaimana hasil dari pendidikan dan latihan pelajar di SMA Olahraga ini, apa outut dan inputnya bagi Riau.

“SMA Olahraga ini kan tempat anak-anak yang punya bakat. Dan hasilnya dari SMA ini menjadi pemain yang dibina oleh cabang alahraga yang ada di Riau, jika perlu pelajar kita masuk di tim nasional. Untuk itulah tugas kita mencetaknya melalui cabang olahraga yang ada di SMA olaharag ini,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Disdik Riau Hibahkan Buku ke SMA 4 Pekanbaru

Tanggal: 08 Jan 2018

Dinas Pendidikan (Disdik) RIAU hibahkan buku pada taman bacaan Literasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Pekabaru. Hibah Buku tersebut dalam rangka Meningkat minat baca dan juga...


Meski Pendaftaran PPDB Gunakan Sistem Online, Siswa Tetap Datang ke Sekolah Isi Formulir

Tanggal: 02 Jul 2019

 Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK sudah menggunakan sistem online namun calon peserta didik harus tetap datang ke sekolah untuk mengisi formulir...


10 Persen Soal USBN Esai, Termasuk SD

Tanggal: 15 Jan 2018

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) telah mengumumkan bahwa, ujian akhir satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) pada tahun pelajaran 2017/2018 akan...


Pembinaan Persiapan Olimpiade Sains Nasional SMA Tingkat Provinsi Riau Tahun 2018

Tanggal: 02 Apr 2018

Mengingat tahun lalu Riau sukses menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN), Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengadakan Pembinaan Persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN)...


AGENDA KEPALA DINAS

Copyright ©2019 IT Dinas Pendidikan Provinsi Riau